Minggu, 08 April 2018

Penerapan Prinsip-Prinsip Pembelajaran di dalam kelas

  Haii...Guys. Ini adalah pengalaman pertama saya membuat blog dan masih tidak terlalu bagus sih😂.
Ok langsung saja ke intinya.Tujuan utama blog ini adalah membantu para Guru, calon guru, Siswa, Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu pendidikan, atau siapa saja yang ingin belajar mengenai Prinsip-Prinsip  Pemebelajaran di dalam kelas dan Aspek-apek yang dinilai saat diskusi
Semua sekolah pasti mempunyai prinsi-prinsip yang harus mereka terapkan di sekolahnya.Terutama bagi seorang tenaga pendidik maka dari itu, di sini akan dibahas bagaimana seorang tenaga pendidik menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran di dalam kelas.
     Yang akan di ulas disini adalah Prinsip Pembelajaran yang di terapkan SMAN 1 ENREKANG karena kebetulan saya alumni dari sekolah tersebut, jadi saya tahu pasti bagimana ketika guru-guru disana ketika berada didalam kelas.Yang dapat saya amati ketika guru berada didalam kelas adalalah ketika ia memberikan bahan ajar seorang pendidik menyusun bahan ajarnya secra logis.Bahan ajar disini disusun dari yang sederhana ke kompleks, mudah ke sulit sehingga para peserta didik mampu untuk memahaminya.
       Tidak hanya itu guru SMAN 1 ENREKANG mampu membuat bahan ajar dengan memperhatikan potensi peserta didik,bahan ajar dirancang dengan mengunakan sumber yang sederhana agar siswa dapat memahaminya dengan mudah.(Pinsip ini masuk kedalam kategori prinsip Validitas atau Validity dan Prinsip Praktis atau Pratical)
        Tenaga pendidik SMAN 1 ENREKANG telah mendesain kelas sedemikian rupa.Salah satunya dengan menyusun bangku siswa berekelompok,dan posisi meja guru agak diserongkan sedikit di sudut depan kelas, dan memastikan seluruh posisi siswa dapat dikontrol dari depan oleh guru yang mengajar. 


ASPEK-ASPEK YANG DINILAI SAAT DISKUSI


Diskusi yang baik bukan semata timbul dari peran guru,akan tetapi lebih tepatnya apabila timbul dari murid setelah memahami masalah dan situasi yang dihadapi.Tetapi dalam hal ini guru dapat pula memberiakn arahan kepada peserta didik dalam memperoleh tema atau masalah yang tepat.Dan tugas guru pun tidak sampai disitu saja dia pun harus menilai sebuah diskusi,peran guru pun dalam memberikan nilai haruslah adil.Penilaian diskusi dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses diskusi
    Teknik penilaian diskusi dilakukan ,antara lain berbicara (mengemukakan pendapat).Dan aspek yang dinilai pun seperti:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat 
  2. Kemampuan memberikan argumentasi
  3. Kemampuan memberikan kritik
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan
  5. Kemampuan  mengunakan bahasa yang baik
  6. Kelancaran berbicara

 Ok...guys itu tadi yang dapat saya share ke kalian.Semoga bermanfaat,dan sampai ketemu di blog-blog selanjutnya yah😉
MENGHARGAI GURU DAN PENDIDIKAN
ADALAH MENGHARGAI DIRI SENDIRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar