INSTRUMEN NON TES
Aktivitas Mahasiswa 1
1.Numerical rating scale
Tipe rating scale ini merupakan tipe yang paling mudah megaplikasikan di dalam kelas.tipe ini terdiri dari pernyataan yang akan di ukur dan diikuti angkan yang menunjukan kualtas dari pernyataan tersebut.
Contoh:
Rating scale numerical rating scale untuk mengatur kemampuan kinerja dalam menghadapi mahasiswa dosen
NO
|
Aspek menciptakan keluarga sejahtera
|
Skor
| ||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||
1
|
Masalah agama
| |||||
2
|
Manajemen pendidikan anak
| |||||
3
|
Pengaturan keuangan rumah tangga
| |||||
4
|
Perwujudan kasih sayang
| |||||
5
|
Masalah rekreasi
| |||||
6
|
Memilih sahabat
| |||||
7
|
Aturan rumah tangga
|
Petunjuk:
Pilihlah jawaban atas pernyataan dengan cara memberikan tanda (√) pada kolom yang tellah di sediakan dan di anggap saling sesuai ,keterangan pilihan nomor kolom,yaitu:
- Sangat sering
- Sering
- Cukup sering
- Tidaksering
- Sangat tidak sering
Aktivitas mahasiswa 2
2.bagan partisipasi (partipacion charts)
Tujuan proses pembelajaran salah satunya adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam setiap siswa dapat memudahan memahami materi yang di ajarkan,sekaligusdengan partisipasi dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa.
Contoh:
Pedoman partisipasi siswa
NO
|
Nama
|
Kualitas kontribusi
| |||
Sangat baik
|
baik
|
cukup
|
kurang
| ||
1
|
Nabila
| ||||
2
|
Cahca
| ||||
3
|
Rifky
| ||||
4
|
Ani
| ||||
5
|
Ikki
|
Ket:
Sangat baik:menyampaikan gagasan baru
Baik :menyampaikan gagasan baru
Cukup :menyampaikan pendapat yang tidak logis
Kurang :menyampaikan pendapat yang tidak relevan dan topic diskusi
Aktivitas mahasiswa 3
3.Observasi
Teknik observasi merupakan salah satu bentuk instrument non tes yang biasa di pergunakan oleh guru untuk menilaisesuatu melalui pengamatan terhadap objeknya seacra langsung seksama dan sistematis.
Contoh:
Seorang guru ingin melakukan observasi terhadap aktivitas belajar siswapada saat proses pembelajaran bahasa Indonesia,maka sebelumnya guru harus membuat instrument yang membuat observasi
Aktivitas mahasiswa 4
Self assessment
Penilaian diri merupakan salah satu bentuk instrument non tes yang dapat di gunakan oleh guru untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek dominan kognitif ,efektif maupun psikotomorik,guru hanya menyesuaikan dengan dominan yang akan di ukur.
Contoh:
Seorang guru ingin memberikan instrument non tes assessment untuk mengukur kemampuan siswa dalam aspek dominan kognitif,maka terlebih dahulu siswa di harapkan untuk menyatakan secarajujur sesuai kemampuan yang telah di miliki
No
|
Kebudayaan masyarakat
|
mengerti
|
Tidak mengerti
|
1
|
Pengertian kebudayaan
| ||
2
|
Unsure unsure kebudayaan
| ||
3
|
Fungsih kebudayaan bagi masyarakat
| ||
4
|
Sifat hakikat budaya
|
Ket:
- Mengerti
- Tidak mengerti
Tugas mahasiswa
Numerical ranting scale
Tipe ranting scale ini merupakan tipe yang paling mudah mengaplikasikannya di dalam kelas.tipe ini terdiri dari permyataan yang akan di ukur dan di ikuti angka yang menunjukan kualitas dari pernyataan tersebut.
Contoh:
Rating scale numerical untuk mengukur kemampuan siswa dalam tatatertip di kelas’
No
|
Aspek yang di ukur
|
Alternative penilaian
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
| ||
1
|
Rajin mengerjakan tugas yang berikan kepada gurunya
| ||||||
2
|
Sopan berbicara terhadap guru
| ||||||
3
|
Tepat waktu
| ||||||
4
|
Rajin masuk kelas
| ||||||
5
|
Aktif dalam diskusi
| ||||||
6
|
Berdoa sebelum belajar
| ||||||
7
|
Mengucapkan salam sebelum masuk kelas
|
Petunjuk:
Pilihlah jawaban di ataspernyataan dengan cara memberikan tanda(√) padakolom yang telah di sediakan dan di anggap paling sesuai,keterangan pilihan jawaban kolom yaitu:
- Sangat sering
- Sering
- Cukup sering
- Tidak sering
- Sangat tidak sering
Bagan partisipasi (participation charts)
Tujusn proses pembelajaransalah satunya adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalan setiap kegiatan pembelajran karena dengan partisipasi setiap siswa dapat memudahkanmemahami materi yang diajar,sekaligus partisipasi dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa.
NO
|
Nama
|
Kualitas kontribusi
| |||
Sangat baik
|
baik
|
cukup
|
kurang
| ||
1
|
Nabila
| ||||
2
|
Cahca
| ||||
3
|
Rifky
| ||||
4
|
Ani
| ||||
5
|
Ikki
| ||||
Ket:
Sangat baik:menyampaikan gagasan baru
Baik :menyampaikan gagasan baru
Cukup :menyampaikan pendapat yang tidak logis
Kurang :menyampaikan pendapat yang tidak relevan dan topic diskusi
Observasi
3.Observasi
Teknik observasi merupakan salah satu bentuk instrument non tes yang biasa di pergunakan oleh guru untuk menilaisesuatu melalui pengamatan terhadap objeknya seacra langsung seksama dan sistematis.
Contoh:
Seorang guru ingin melakukan observasi terhadap aktivitas belajar siswapada saat proses pembelajaran bahasa Indonesia,maka sebelumnya guru harus membuat instrument yang membuat observasi
No
|
Nama
|
Aktivitas mahasiswa
| ||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6a
|
6b
| ||||
1
|
Putri
| |||||||||
2
|
Lulu
| |||||||||
3
|
Aqielach
| |||||||||
4
|
Linta
| |||||||||
5
|
Gibra
| |||||||||
6
|
Aksan
| |||||||||
jumlah
|
Ket:
- Menyimak penjelasan guru
- Kerjasama di kelompok
- Aktif diskusi
- Mengeluarkan pendapat yang logis
- Mengajukan pertanyaan yang relevan
- Perilaku yang relevan
4.self assessment
Penilaian diri merupakan salah satu bentuk instrument non tes yang telah digunakan oleh guru untuk mengatur hasil belajr siswa pada aspek dominan kognitif.
Contoh:
Seorang guru ingin memberikan instrument non tes assessment untuk mengukur kemampuan siswa dalam aspek dominan kognitif,maka terlebih dahulu siswa di harapkan untuk menyatakan secarajujur sesuai kemampuan yang telah di miliki
No
|
Kebudayaan masyarakat
|
mengerti
|
Tidak mengerti
|
1
|
Pengertian kebudayaan
| ||
2
|
Unsure unsure kebudayaan
| ||
3
|
Fungsih kebudayaan bagi masyarakat
| ||
4
|
Sifat hakikat budaya
|
Ket:
- Mengerti
- Tidak menge
Tidak ada komentar:
Posting Komentar